Pelatihan ACLS RSUD Bima-PP PERKI

RSUD Bima_ACLS

RSUD Bima_ACLS

Pertama di NTB, RSUD Bima Berhasil Adakan Pelatihan ACLS

Untuk pertama kalinya di NTB, bahkan wilayah Indonesia Timur (Nusa Tenggara, Maluku dan Irian) RSUD Bima berhasil mengadakan pelatihan penanganan lebih lanjut kegawatdaruratan di bidang penyakit jantung (Advanced Cardiac Life Support/ACLS).
Pelatihan tersebut merupakan kerja sama RSUD Bima dengan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Cardiovascular Indonesia (PP PERKI) yang berlangsung efektif 3 (tiga) hari yaitu tanggal 27, 28, 29 Juni 2008.
Direktur RSUD Bima, dr. Hj. I Dw Ayu Nym Tini Wijanari mengatakan bersyukur dan merasa senang atas kesediaan PP PERKI memenuhi undangan RSUD Bima. “Kami merasa sangat bangga dengan kehadiran Bapak-Ibu Instruktur dari PERKI. Semoga pelatihan ini memberi manfaat pada skill dan pengetahuan peserta dalam menangani kegawatdaruratan penyakit jantung”, harapnya.
Dihadapan 40 orang peserta (15 orang paramedis dan 25 orang dokter) yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bima, Dr. Liliek Murtiningsih, SpJP(K), FIHA, selaku direktur pelatihan ACLS PERKI dalam sambutannya mengatakan terpilihnya Bima tidak lepas dari kontak yang tidak disengaja antara PERKI dengan dr. Muhamad Ali, Sp.PD (dokter penyakit dalam RSUD Bima). ”Kami juga senang bisa hadir disini”, ungkap Konsulen cardiovascular yang telah melanglang buana ke lima benua di lebih dari 20 negara ini. Dr. Liliek juga mengingatkan peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius dan semangat. ”Kita tidak menjual sertifikat, kita menggunakan standar American Heart Association (AHA), dan biasanya yang tidak lulus minimal 10 %, mudah-mudahan di Bima ini bisa lulus semua”, ujarnya.
Dalam pelaksanaanya, selain dr. Liliek pelatihan ini juga dibimbing oleh 2 orang dokter spesialis jantung lain (dr. Setyo Utomo, Sp.JP, dr. Agus Subagjo, Sp.JP(K)) dan masing-masing seorang dokter anastesi (dr. Bambang Pujo Semedi, Sp.AN) dan tehnisi. Tidak kurang dari 8 box alat didatangkan dari Jakarta untuk pelatihan ini seperti manekin/boneka megakode, manekin latihan Bantuan Hidup Dasar, alat intubasi, dan Defibrilator (DC Syock). Kecukupan alat latihan tidak berarti membuat pelatihan menjadi lebih cepat. Pasalnya beberapa peserta masih harus dibimbing dan dilatih lebih lama. Bahkan setiap harinya pelatihan berlangsung hingga pukul 21.00 wita. Beratnya pelatihan membuat beberapa peseta mengaku stress dan tegang. Alasan kepentingan keluarga dan beratnya tuntutan pelatihan itu juga membuat 3 orang peserta mengundurkan diri sebelum pelatihan di tutup.
Hasilnya, dari 40 orang peserta, 3 orang mengundurkan diri (paramedis) dan 5 orang tidak lulus (1 paramedis dan 4 dokter). Sehingga hanya 32 orang peserta yang berhasil memperoleh sertifikat pelatihan.
Hasil lainnya, Nilai pre test tertinggi di raih dr. Early (RSUD Bima), 14 orang lulus langsung pada post test (13 orang dokter- 6 orang dari RSUD Bima, 7 orang dari PKM Kota/Kab. Bima dan 1 paramedis dari RSUD Bima) Nilai Post tes tertinggi di raih dr. N NK Kusumayani (PKM Ngali), (pre dan post test menggunakan 40 soal kasus cardiovascular dalam bahasa Inggris). Nilai Skill tertinggi di raih dr. Anna Sofyana, M.Kes (PKM Monta Selatan) dan Chaera Ummah, S.Kep.Ns (PKM Asakota). Nilai gain (kenaikan pre test ke post test tertinggi di raih dr. H. Ganis Kristatnto (PKM Woha).
Kepada para peserta terbaik dr. Liliek memberikan cindera mata dari American Heart Woman Association. Kepada yng tidak lulus diberi kesempatan untuk mengulang dengan hanya membayar biaya konsumsi dimanapun pelatihan ACLS yang diadakan PERKI dalam waktu 6 bulan. Bahkan tim PERKI siap datang kembali ke Bima jika undang dalam waktu 6 bulan kedepan.
Informasi yang dihimpun warta RSUD Bima melalui sekretaris panitia, Firman, SE mengatakan kalau RSUD Bima-PP PERKI akan mengadakan kembali pelatihan ACLS pada 28-30 November 2008 ini dan sebelumnya juga akan mengadakan pelatihan Basic Cardiac Life Support (BCLS) bagi paramedis dalam waktu 2 bulan ke depan.

About rsudbima

Warta RSUD Bima adalah Media Komunikasi RSUD Bima yang terbit sejak Tahun 2002

Posted on Juli 2, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: