Pertama, RSUD Bima berhasil Angkat Batu Empedu

Untuk pertama kali sepanjang sejarahnya RSUD Bima berhasil melakukan operasi kolesistektomi yaitu pengangkatan batu empedu (Cholelitiasis). Operasi yang tergolong rumit ini dilakukan terhadap pasien bapak Adnan warga Parado Rato oleh tim operasi RSUD Bima Selasa (10/10) yang di pimpin dr. Budi Setiawan, Sp.B.
Dari hasil operasi yang berlangsung selama 2 jam 25 menit tersebut ditemukan 3 (tiga) buah batu dengan ukuran rata-rata berdiameter 1 cm. Operasi pengangkatan dilakukan terhadap seluruh kantong empedu yang volumenya pada manusia berkisar antara 30-60 ml. “Karena keseluruhan empedu terdiri dari cairan maka tindakan operasi pengangkatan dilakukan terhadap seluruh kantong empedu”, jelas dr. Budi usai operasi didampingi tim operasi yaitu asistennya dr. Rizky, Suherman, Amir, Emi dan Syahrul. “Ada tiga biji batu pada empedu yang seharusnya semua berisi cairan yang berasal dari sekresi (dikeluarkan) oleh hati ini“, lanjut dr. Budi.
Empedu pada manusia berperanan dalam pencernaan dan absobsi lemak dan bekerja sebagai suatu alat untuk mengeluarkan beberapa produk buangan yang penting dari darah terutama bilirubin. “Namun, dengan operasi pengangkatan ini, pasien akan tetap dapat hidup normal, makan seperti biasa”, jelas dokter yang sudah dua kali bertugas di RSUD Bima ini.
“Akibat adanya batu ini, pasien akan mengalami perasaan penuh pada daerah ulu hati atau nyeri perut kanan atas atau juga nyeri hebat pada dada kanan atas”, jelasnya kembali. “Dan kolik (nyeri hebat) yang berulang inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa harus dioperasi”, ujarnya lagi.
Dengan demikian, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan kesehatan, beberapa tindakan yang mestinya dilakukan di rumah sakit besar kini bisa dilakukan oleh Tim Operasi RSUD Bima. Sebagai catatan, sebelumnya pada bulan Agustus (9/8) tim Operasi RSUD Bima juga sukses melakukan operasi pengangkatan Tumor seberat lebih dari 19 kg. (Bimeks/SM, 12/8).

About rsudbima

Warta RSUD Bima adalah Media Komunikasi RSUD Bima yang terbit sejak Tahun 2002

Posted on Juli 30, 2008, in Pelayanan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: