Kinerja

Kinerja

Entah sudah berapa kali, namun rasanya teramat sering kita mendengar kata ini, Kinerja ! Ya Kinerja yang dalam kamus bahasa Indonesia berarti sesuatu yang dicapai, kemampuan kerja atau prestasi yang diperlihatkan.
Kinerja menjadi tolak ukur bagi banyak perusahaan/intansi. Kinerja yang baik, kinerja yang meningkat tentu akan berbanding lurus dengan produk atau mutu pelayanan yang dihasilkan.
Bagi sebagian orang (karyawan) kinerja berarti kewajiban, bagi yang lain kinerja adalah tantangan namun adapula yang menganggap kinerja sebagai sebuah tuntutan. Tuntutan yang seolah-olah dari atasan, tuntutan yang seolah-olah hanya menuntut bawahan. Sehingga persepsi aplikasinyapun sangat beragam.
Bagi yang masih mempunyai idealisme, kinerja berarti tantangan, bagi profesional kinerja berarti tanggung jawab dan bagi yang lain kinerja adalah uang (kesejahteraan). Meminjam istilahnya teman-teman yang baru dan akan menyusun Karya Tulis Ilmiah, mereka yang terakhir ini menganggap kinerja mempunyai korelasi atau hubungan yang sangat kuat dengan imbalan yang didapat. Artinya semakin tinggi imbalan materi dari jasa yang diberikan semakin tinggi pula kinerja yang diperlihatkan. (ini mungkin tujuan pemerintah setiap menaikkan gaji para pegawai—mudah-mudahan termasuk rencana kenaikan tunjangan bagi pegawai tahun ini—untuk meningkatkan kinerja aparatnya).
Apapun persepsi kita terhadap kinerja, sebenarnya bagi kebanyakan profesi kita, kinerja adalah pengabdian, kinerja adalah loyalitas, dedikasi dan kejujuran, kinerja adalah keikhlasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi saat ini kita tengah memasuki bulan baru diawal tahun, bulan yang semestinya menjadi bulan perenungan, momentum yang tepat untuk menata kembali niat kita. Niat untuk memberikan pelayanan yang terbaik, niat untuk memberikan kinerja yang optimal dengan tulus ikhlas, yang tentu nilainya lebih tinggi dari imbalan rupiah yang kita harapkan.
Ya, kinerja seharusnya berarti pengabdian, tanggung jawab, juga kikhlasan sebagai ladang amal untuk berbuat baik bagi sesama.

About rsudbima

Warta RSUD Bima adalah Media Komunikasi RSUD Bima yang terbit sejak Tahun 2002

Posted on Maret 4, 2009, in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: