RSUD Bima Siap Ikuti HMT

Hospital Management Training (HMT) atau Pelatihan Manajemen Rumahsakit merupakan suatu konsep pelatihan manajerial yang didukung oleh GTZ yang akan menggunakan pendekatan triangulasi yang melibatkan South East Asian Ministries of Education Organization for Tropical Medicine (SEAMEO Tropmed), Magister Manajemen Rumahsakit (MMR) UGM, Magister Manajemen (MM) Unram. Disamping itu melibatkan pula instansi lain yang terkait seperti Mapelkes Mataram, Bapelkes Gombong, juga Poltekkes Mataram.
Konsep HMT diawali dengan menggelar Rapid Assesment Procedure Hospital Management (RAP HoMe) pada rumah sakit yang ada di NTB-NTT pada tahun 2006. Pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya penguatan manajemen rumahsakit di NTB yang merupakan bagian dari kebijakan pemerintah daerah dalam mengurangi jumlah kematian ibu dan bayi serta menyiapakan rumahsakit menjadi sebuah Badan Layanan Umum (BLU).
Fokus pelatihan ini kepada perubahan perilaku dengan menempatkan isu utama pada keselamatan pasien. Proses tersebut memicu diskusi terbuka pada medical error mengenai kelemahan manajemen internal dan bagaimana mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya hal tersebut, yang sebelumnya jarang dilakukan dan diharapakan dapat dipertahankan setelah pelatihan berakhir. Karena itu, pelatihan ini membutuhkan dukungan dari para pengambil keputusan seperti gubernur, bupati, sekda dan lainnya termasuk direktur. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan penguatan manajemen rumah sakit yang berkesinambungan.
HMT yang akan berlangsung hingga akhir November 2009 ini adalah angkatan II. Peserta berjumlah 20 orang yang berasal dari Rumah Sakit Bima, Dompu, Sumbawa dan Gerung. Bila angkatan I dipusatkan di Kota Mataram (Unram) untuk 18 peserta dari 3 RS di Pulau Lombok, maka angkatan II ini dipusatkan di Kota Bima (Prodi Keperawatan Bima). Sejatinya RSUD Bima telah diundang untuk mengikuti seleksi pelatihan HMT angkatan I pada tahun 2007, namun karena waktu pelatihan yang setiap jum’at, sabtu setiap minggu selama 6 bulan menyulitkan peserta dari RSUD Bima. Saat itupun dilakukan seleksi ketat secara tertulis, wawancara dan dasar pendidikan harus S-1. Namun pada angkatan II ini HMT lebih menguntungkan kita yang ada di RSUD Bima. Disamping lokasi ada di Kota Bima, peserta tidak harus S-1, juga peserta tidak perlu di seleksi oleh tim dari GTZ-UGM, Unram. Semuanya diserahkan kepada seleksi intern masing-masing rumah sakit. Disamping itu, sebulan sebelum pelaksanaan HMT, rombongan dari GTZ, UGM, Dikes Propinsi NTB, RSU Mataram melakukan serangkaian kunjungan advokasi kepada pemerintah daerah (bupati, sekda, BKD, direktur RS, dll). Sehingga pelaksanaan HMT bisa mendapat dukungan dari semua pihak.
Pada kegiatan advokasi di RSUD Bima (19/2), pihak GTZ dan UGM banyak memberikan penjelasan mengenai dasar, tujuan dan lain-lain dari HMT ini. Hal ini membuat antuasiasme akan manfaat pelatihan ini. Dan pada hari itu juga telah diserahkan nama-nama peserta dari RSUD Bima. Adapun nama-nama peserta yang diusulkan dari RSUD Bima adalah : Syahmir, SKM, drg. H. Ikhsan, dr. Hj. Early, Firman, SE, S.Kep., dan Fitri Kurniati, S.Kep. Ns. Kepada mereka kita berharap kedepan dapat membawa angin perubahan pada manajemen rumah sakit. Bahkan saat pelatihan mereka akan diberi kesempatan melakukan perubahan nyata di rumah sakit (Quality Imprevement Action Project-QIAP). Kitapun warga RSUD Bima dapat memberikan sumbang saran apa yang paling penting bagi pasien yang perlu dan segera di tata/diubah.

About rsudbima

Warta RSUD Bima adalah Media Komunikasi RSUD Bima yang terbit sejak Tahun 2002

Posted on Maret 4, 2009, in Manajemen and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: