Ka Dikes Kota Bima Buka Kegiatan HMT NTB

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan (Dikes)Propinsi NTB, Kepala Dikes Kota Bima, Drs. Sarjan, Apt., (Senin, 16/3/09) membuka rangkaian kegiatan Hospital Management Training (HMT) NTB Angkatan II di Ruang Prodi Keperawatan Bima.

Ka. Dikes Kota Bima

Sambutan Ka. Dikes Kota Bima

Dalam sambutannya, Drs. Sarjan, Apt, mengakui meskinya yang membuka ini adalah Kepala Dikes Kab. Bima. “Namun, karena tidak berada di tempat dan RSUD Bima juga berada diwilayah sekaligus melayani sebagian besar warga Kota Bima, saya bersedia dan mendukung kegiatan HMT ini”, ujarnya. Kepala Dikes yang baru bertugas lebih kurang 5 bulan di Kota Bima ini juga mengingatkan kepada peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik. “Ingat, Anda yang mengikuti pelatihan ini adalah orang-orang terpilih dari rumah sakit”, ingatnya. Pada akhirnya Sarjan berharap pelatihan ini akan membawa perubahan dan kemajuan dalam manajemen pelayanan di RSUD Bima maupun rumah sakit lainnya di NTB.
Sebelumnya, dr. Andreasta Meliala, M.Kes yang merupakan Wakil Direktur Bidang Akademik Program Magister Manajemen Rumahsakit (MMR) UGM menjelaskan tentang maksud dan tujuan serta hal lain yang berkaitan dengan HMT ini. Menurut kandidat doktor UGM ini, model pelatihan yang akan dilakukan adalah menggunakan pendekatan team. “Artinya, kita tidak melatih individu, tapi melatih tim”, ujarnya. Karenya, menurut alumni pelatihan manajemen rumah sakit di Austria ini, dalam pelatihan ini yang akan dilakukan sebagai langkah awal adalah membangun tim (team buliding). “Selanjutnya kita akan membagi pelatihan ini dengan 4 blok. Pada pelatihan ini juga kepada peserta diberikan kesempatan untuk melakukan quality improvement action project (QIAP). Yaitu tim akan melakukan perubahan nyata di rumah sakit masing-masing selama 2 bulan. Pelatihan akah berlangsung selama lebih kurang 6 bulan”, jelasnya.

hmt_teamhmt_team

Sementara Dr. Gertrud Schmidt-Ehry, MD, MPH selaku Principal Advisor GTZ NTT-NTB, dalam sambutannya mengaku gembira bisa kembali hadir di Bima. Pasalnya menurut dokter spesialis obstetri gynekologi ini, kehadirannya ke Bima ini adalah yang ketiga kalinya. “Meski saya sudah berada di NTB sejak Tahun 2005, namun saya baru datang ke Bima Januari 2009 ini”, ujarnya dalam Bahasa Inggris. “Hingga akhir tahun ini kita akan banyak bersama-sama dan saya akan menganggap Bima seperti rumah saya sendiri”, ujar wanita Jerman yang telah bertugas di beberapa negara berkembang ini. Menurut Gertrud, manajemen rumah sakit justru sangat penting atau dalam bahasa aslinya dia menyebut “very-very crucial”. Menurutnya, justru rumah sakit memiliki peran yang sangat besar dalam keseluruhan sistem kesehatan. “Saya bertemu dengan orang-orang depkes, mengatakan pentingnya kesehatan dasar. Iya. Tapi ketika misalnya seorang Ibu atau anak telah terkomplikasi maka rumah sakitlah yang berperan besar”, ujarnya. Karena itu ia berharap kepada peserta pelatihan HMT ini dapat menjadi sebuah tim yang besar. Lebih lanjut ahli kesehatan masyarakat ini mengatakan, meski itu berasal dari tim kecil dimasing-masing rumah sakit tapi dapat menjadi sebuah tim yang mampu membawa perubahan yang besar atau apa yang disebutnya sebagai “critical mass”. “Tidak ada penangguhan jadwal dari kegiatan ini, sebab GTZ-Siskes NTB akan berakhir Desember 2009”, ingatnya.
hmt_team2hmt_team2

Juga menyambut kegiatan HMT ini, Ketua Program Studi (Prodi) Keperawatan Bima, Jubaer, SKM, M.Kes, menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta sekaligus mengucapakan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan GTz-UGM yang kepada Prodi Keperawatan Bima sebagai lokasi pelatihan HMT NTB angkatan II ini. Jubaer juga meminta maaf atas berbagai kekurangan yang ditemui selama pelatihan ini. “Kami akan terus memperbaiki diri” janjinya.

hmt_modul-pesertahmt_modul-perwakilan peserta

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi awal dari masing-masing rumah sakit. Dimulai dari RSUD Bima, RSUD Dompu dan RSUD Sumbawa. Sementara peserta dari RSUD PPP Gerung masih dalam perjalanan.

About rsudbima

Warta RSUD Bima adalah Media Komunikasi RSUD Bima yang terbit sejak Tahun 2002

Posted on Maret 16, 2009, in Administrasi, Kesehatan, Manajemen, SDM and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: