Lainnya

RSUD Bima Siap Layani Jamkesmas

Bagi masyarakat miskin, pada tahun 2008 ini pemerintah mengeluarkan program baru pembiayaan kesehatan. Program tersebut adalah Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Program yang mulai berlaku efektif 1 September 2008 ini saat ini dalam tahap pemantapan untuk pelaksanaannya. Termasuk di RSUD Bima. RSUD Bima pada prinsipnya siap melayani pasien Jamkesmas.

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari seperti dikutip Antara mengatakan program pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang sebelumnya disebut Asuransi Kesehatan untuk Masyarakat Miskin (Askeskin) kini namanya diganti menjadi program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).
“Askeskin tetap dilanjutkan tetapi namanya diganti menjadi Jamkesmas supaya tidak ada kesan bahwa itu program PT Askes. PT Askes juga tetap menjadi mitra kerja sama, tetapi tugasnya lebih ringan,” katanya di Jakarta, Selasa, setelah melantik dua pejabat eselon I dan seorang pejabat eselon II di lingkungan Departemen Kesehatan.

Penyelenggaraan program pelayanan kesehatan gratis tersebut, menurut dia, mulai tahun ini juga dilakukan dengan mekanisme baru.
Dalam mekanisme yang baru, ia menjelaskan, PT Askes tidak lagi ditugasi melakukan pengelolaan keuangan program dan hanya dibebani tugas mengelola kepesertaan, praverifikasi peserta dan pelayanan program.
Kegiatan verifikasi yang meliputi verifikasi pelayanan, keuangan dan administrasi, kata dia, akan dilakukan oleh tenaga verifikator independen yang direkrut oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan di daerah.

“Dananya disalurkan langsung dari kas negara ke rekening rumah sakit melalui bank yang ditunjuk pemerintah,” katanya.
Lebih lanjut Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan Sjafi`i Achmad menjelaskan dalam hal kepesertaan PT Askes ditugasi melegalkan peserta program, yang telah ditetapkan pemerintah kabupaten/kota melalui Surat Keputusan (SK) bupati/walikota, dengan membuat dan mendistribusikan kartu Jamkesmas.

“Semua kartu Askeskin secara bertahap akan diganti menjadi kartu Jamkesmas. Saat ini 70 persennya sudah diselesaikan oleh PT Askes,” katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini PT Askes juga bertugas memantau kegiatan pelayanan kesehatan gratis melalui program Jamkesmas dan menampung pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program tersebut.

“PT Askes harus menjamin peserta program mendapatkan pelayanan. Mereka juga harus menerima pengaduan dari masyarakat,” katanya.
Dengan beban tugas tersebut, kata Achmad, perusahaan asuransu tersebut menerima ongkos pengelolaan sebesar 2,5 persen dari total dana penyelenggaraan program Jamkesmas yang tahun 2008 ini sebesar Rp4,6 triliun.

Hal penting yang menjadi perhatian masyarakat pada program baru ini adalah pasien yang berobat tanpa kartu Jamkesmas dianggap pasien umum. Untuk itu direktur RSUD Bima, dr. Hj. Tini Wijanari menghimbau masyarakat dan semua pihak dapat menyadari hal ini. ”Sebab kalau datang berobat tanpa memiliki kartu Jamkesmas, dianggap pasien umum. Sampai yang bersangkutan dapat menunjukan kartunya. Tidak ada lagi istilah 1 atau 2 x 24 jam”, ujarnya.
Terkait dengan hal itu, dr. Tini beserta jajarannya saat ini berkerjasama dengan PT Askes Cabang Bima tengah dan akan terus melakukan sosialisasi Jamkesmas. Sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik.

  1. Mudah-mudahan Rumah Sakit ini bisa melayani semua pasien dengan semaksimal mungkin.
    Amin.

  2. yacchh…
    semoga aja RSUD bima dapat terus melayani masyarakat. khusus kalangan bawah.
    bravo RSUD bima….!!!!

  3. Klo bisa Data Blognya di Update lagi, sperti Struktur Organisasi, Jumlah Tenaga Kesehatan, Fasilitas dll, Agar Siswa atau Para Mahasiswa yang Membutuhkan Data bisa Menyelesaikan Tugas Sekolah atau Kuliahnya dengan Mudah.. Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: